Strategi Visi Misi Perusahaan Dan Bisnis

Visi adalah cita cita atau idealisme yang ingin dian didambakan untuk dicapai oleh suatu organisasi atau perusahaan. Cita cita ini dicetuskan dan biasa dinyatakan secara tertulis agar supaya lebih mudah diingat untuk dijadikan sebagai haluan dan pedoman atau landasan utama dalam menjalankan setiap membuat strategi dan kebijakan serta pelaksanaannya oleh setiap anggota organisasi perusahaan atau institusi, mulai dari pucuk pimpinan sampai pada eselon yang paling di bawah. Sedangkan misi adalah merupakan penjabran dari visi yang dicita-citakan. Jadi misi merupakan substansi dari visi yang diinginkan dicapai. Misi juga merupakan pernyataan tatau statement terturlis yang harus dinyatakan secara mudah difahami oleh seluruh anggota organisasi, baik secara eksplisit maupun secara implicit.

Dengan demikian penjabaran visi kedalam misi dengan pemaparan statement yang mudah difahami oleh seluruh anggota antara lain dapat dipergunakan untuk;
  • Dapat dipergunakan sebagai landsan daninspirasi dalam merumuskan tujuan strategic
  • Dapat dipergunakan sebagai pedoman dan inspirasi dalam merumuskan grand dan annual strategic
  • Dapat dipergunakan sebagai pedoman landasan dalam pembuatan tujuan jangka pendek dan kebijakan / policy, program budget dan procedure kerja
  • Dapat dipakai sebagai pedoman dan inspirasi dalam alokasi sumber daya organisasi atau perusahaan.
  • Dapat dipergunakan sebagai dasar dlaam memotivasi penggunaan sumber daya organisasi perusahaa.
  • Dapat dipergunakan sebagai fasilitator dalam menerjemahkan tujuan dan sasaran organisasi kedlaam struktur kerja dan tanggung jawab.